Oleh Muhamad Saepuloh

Saat pertama kali dituntut untuk menjadi seorang MC di suatu event adalah hal yang tak bisa dilupakan. Bagaimana tidak, saat itu masih belum punya pengalaman apapun dalam bidang public speaking. Tetapi dengan mental kuat kita bisa kok menjadi MC yang baik saat mulai berkarir. Nah, di sini saya mau membeberkan 4 hal penting dalam menumbuhkan mental seorang public speaker:

1. Sering berkomunikasi dengan masyarakat. Bener banget, karena dengan sering berkomunikasi baik ngobrol, diskusi, ataupun sharing kita akan lebih terlatih untuk menuangkan pikiran dan ide kita kepada suatu pembicaraan atau topik yang sedang dibicarakan.

2. Sering membaca menjadi PeDhe. Yupz, kalo saya boleh jujur. Membaca itu penting banget dan banyak gunanya. Seperti halnya membaca koran, majalah, ataupun membaca artikel-artikel di internet, dsb. Banyak ilmu pengetahuan yang akan didapat setelah kita membaca. Al hasil saat kita kehabisan ide dalam membawakan suatu acara, kita bisa mengimprovisasi dengan suatu topik yang lagi booming atau yang lagi hangat dibicarakan.

3. Menguasai Bahasa. Selain Bahasa Inggris, seorang public speaker sangat perlu memahami penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Apalagi jika kita diminta menjadi public speaker di acara formal, yo pastinya jangan sekali pun mengucapkan kata-kata gaul seperti keren banget ya penampilan tadi dan yang lainnya. Juga menguasai kosa kata serapan bahasa asing seperti kata konsolidasi. Dalam KBBI kon·so·li·da·si n artinya perbuatan (hal dsb) memperteguh atau memperkuat (perhubungan, persatuan, dsb), jadi sering-sering baca KBBI deh.

4. Suka M2B. Suka Melihat, Suka Mendengar, dan Suka Bertanya. Melihat atau menyaksikan seorang public speaker ternama saat tampil adalah nilai tambah yang sangat berharga, karena dengannya kita punya gambaran gimana penampilan seorang pubic speaker yang baik. Mendengar pun seperti di radio sangat membantu proses pembelajaran kita. Apalagi, bertanya kepada yang sudah berpengalaman, sudah pasti nambah lagi pengetahuannya. Malu bertanya sesat di jalan tapi jangan malu-maluin saat bertanya.

Semoga bermanfaat. Salam sukses!