Oleh Muhamad Saepuloh

Ada 3 hal yang biasanya dibenci tetapi bisa menjadi nilai tambah bagi seorang public speaker bahkan menjadi suatu anugrah Tuhan yang tak ternilai harganya, 3 hal tersebut diantaranya:

1. Bawel. Biasanya Anda suka tidak nyaman saat mengobrol dengan orang yang bawel alias hiperaktif dalam berbicara. Tetapi jika Anda memanagenya dengan baik, kekurangan tadi malah menjadi nilai tambah lho. Soalnya orang bawel biasanya gak gugup saat berbicara dan haus akan pengetahuan sehingga banyak nanya dan al hasil banyak pengetahuan pastinya. Saran untuk Anda, gunakan sifat bawel tersebut saat Anda memang memerlukan untuk berbicara tapi belajar tutup mulut saat orang lain bercerita dan membuka telinga saat orang lain memberi ilmu.

2. Narsis. Biasanya orang yang lebay punya sifat narsis yang tinggi. Tingkah lakunya yang mengundang perhatian orang secara tidak langsung menumbuhkan jiwa entertain dalam dirinya. Apabila diasah dengan baik, sifat narsis ini bisa membentuk karakter yang kuat sebagai public speaker yang humoris. Bersyukurlah bagi Anda yang narsis! Manfaatkanlah ke jalan yang benar, supaya mendapat keridhoan Tuhan.

3. Memilki Fisik Yang Tak Biasa. Misalnya memiliki wajah yang tak ganteng, tidak cantik, gigi tongos, wajah berjerawat, kulit hitam, perut buncit, badan pendek dan sebagainya. Sebenarnya hal-hal tersebut bukan sebuah halangan untuk menjadi seorang public speaker yang hebat. Coba Anda tengok para artis ternama saat ini, orang punya wajah cantik atau berparas ganteng masih kalah popularitasnya sama presenter-presenter yang berwajah pas-pasan. Kita perlu banyak belajar dari kisah perjuangan Mas Tukul, Olga Syahputra, Aziz gagap, Narzi, Oky Lukman, Ruben Onsu , Daus, Adul , Komeng, Sule, Ucok baba, dan presenter lainnya. Kenapa mereka mampu menjadi seorang public speaker yang hebat? Alasannya apa? Jelas lah bahwa Alloh Maha Adil. Alloh memberikan manusia kekurangan. Tapi dibalik kekurangan itu ada banyak kelebihan yang perlu dieksplor oleh tiap manusia. Anda memiliki kekurangan tetapi Anda harus mampu menutupi kekurangan itu dengan kemapuan yang Anda miliki.

Untuk mengetahui siapa diri Anda, Coba tanya sahabat terdekat Anda bagaiamana pandangannya tentang diri Anda, apa saja kekurangan dan kelebihan Anda. Orang yang telah sukses sudah pasti tidak lepas dari kata belajar, belajar, dan belajar. Sudah barang tentu banyak kritik, saran, dan masukan2 yang disampaikan dari orang lain dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang dengan cara halus bahkan ada yang disampaikan dengan cara kasar seperti menghujat, menghina dan sebagainya. Jadikan semua itu sebagai suatu cambukan bagi Anda supaya Anda menjadi kuat dan terus berjuang dalam mencapai cita-cita Anda menjadi seorang public speaker yang hebat. Tiada lain diniatkan untuk mendapat Ridha Ilahi dalam menunaikan kewajiban Anda untuk menuntut ilmu tanpa batas ruang & usia dan ikut serta membangun republik tercinta.

Semoga bermanfaat. Salam sukses.